December 15, 2009

Lovable Creatures, Do we know them?

December 15, 2009
"Negara itu menawarkan kami serangga-serangga penyerbuk tanaman Strawberry spesies A dengan harga tertentu. apa yang kami lakukan? kami menolak. karena Indonesia memiliki serangga lokal B yang tak kalah kualitasnya..."

Itulah penjelasan singkat yang saya dengar perihal reaksi LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) saat ditawarkan pasokan serangga oleh negara luar. Berhubung kami datang dengan label mahasiswa yang sedang mempelajari entomologi (ilmu mengenai serangga), bertandang ke LIPI Cibinong 10 Desember lalu kami benar-benar disuguhi realita menarik mengenai serangga (juga mamalia, burung, reptil, dan amphibi yang sempat kami kunjungi juga).
sungguh bukan suatu hal yang aneh lagi mengingat kenyataan bahwa jumlah para ilmuwan asing yang tertarik mempelajari kekayaan Indonesia secara mendalam lebih banyak dibandingkan masyarakat Indonesia itu sendiri. Ironis memang...di saat negara kita dikatakan sebagai kepulauan yang sangat kaya, tapi rupanya tak semuanya bisa dinikmati dengan leluasa. seorang peneliti di LIPI juga mengatakan hal yang serupa. Bahwa jumlah ilmuwan atau lembaga penelitian asing   yang tertarik mengadakan kerja sama dengan LIPI lebih banyak bila dibandingkan dengan peneliti dalam negeri sendiri.

"... dan apa yang terjadi di akhir, masyarakat Indonesia hanya dapat melakukan demo dan aksi-aksi ketika menyadari salah satu kekayaannya diklaim oleh pihak lain (kasus : seperti yang terjadi pada salah satu kebudayaan kita). Padahal, mungkin saja apa yang diklaim tersebut baru kita sadari keberadaannya saat sudah terlanjur diambil...", katanya.  

saya tertegun,
tersindir,
bahkan tertampar...

betapa banyak hal yang memang tidak kita kenal mengenai Indonesia. bukan hanya kebudayaan atau pun hasil alam, tapi kenalkah kita kepada para penghuninya sendiri?

- hening sejenak-

ternyata saya pun tidak...
Batocera hector,
Bombyx mori,
Apis indica,
Hapal nama-nama latin mereka bukanlah hal yang menyelesaikan persoalan. Tapi setidaknya membantu dalam mengenal mereka.


Chalcosoma caucasus, anggota Dynastidae yang berperan penting sebagai perombak
I really love them  :)




Beberapa jenis yang diawetkan untuk dipelajari





dan buku-bukunya pun mayoritas karangan peneliti asing 
(benar-benar membuat saya ingin melihatnya--dikunci di dalam lemari!)



-Another warning-





Suatu teknik pengawetan untuk kepentingan penelitian
(harap diketahui, ini bukan suatu tindakan kekejaman :) mari kita niatkan bahwa hal ini adalah  pengetahuan)


Sebuah pencerahan saya temukan dalam pembicaraan peneliti tersebut. Jika mereka (LIPI) tersebut menerima pasokan serangga penyerbuk tanaman Strawberry dari luar negeri untuk digunakan di negara kita, Akan ada kompetisi di antara yang lokal dan pendatang. Yang kuat, yang akan bertahan...sebagaimana teori adaptasi dan kompetisi yang berlaku.
Apa jadinya jika serangga-serangga bule itu yang menang karena kualitasnya? 
ya, jawabannya sama ngerinya dengan apa yang saya bayangkan.
para pribumi akan kalah,
dan para pendatang pun meraja...
Kisah klasik penjajahan dalam dimensi yang lain.

Saat ini atau suatu saat, mungkin kita akan sadar betapa kayanya kita...
sekalipun harus diiringi dengan  kesadaran betapa butanya kita...



25 comments:

ohim

yupzs...saya setuju bahwa indonesia adalah negara dengan kekayaan alam luar biasa. memang seharusnya kita menjaga dan melestarikan kekayaan alam yang ada.

Wah baru tahu saya nul bahwa binatang asli indonesiapun mulai diklaim oleh negeri orang....

oh ya begitu juga dengan listrik yang harus kita gunakan sebijak mungkin... he.... asa gak nyambung
tengok blog ku ya http://o-him.blogspot.com ....heuheuuu

minomino

@ohim : sebenernya omongan tentang klaim-klaim itu cuma perumpamaan, bukan berarti hewannya yg diklaim. tapi sama aja kan? mungkin aja suatu saat nanti hewan2 tiba2 diklaim, seperti halnya kebudayaan2 yang diklaim,hanya karena kita tidak peduli....(itu maksud omongan si peneliti)

thx...mari mengenal mereka!

-Gek-

Jadi tau karena dirimu, cantik!
Makasi yaa..
Iyaa. ayo dukung indo, jangan kecolongan lagi ah!
><

Aulawi Ahmad

peneliti kita bukannya gak mau bekerjasama dengan LIPI, mau banget pastinya, tapi kendala birokrasi, persyaratan, kesempatan n modal sangat berpengaruh..bandingkan dgn peneliti asing yg notabene punya modal gede serta background yg ajib he2..btw nice post n salam kenal ye :)

minomino

@gek : thx....mari mari kita cinta Indonesia :)

@ aulawi: waw....saya tidak blg peneliti kita ga mau kerja sama loh...tapi perbandingannya jauh lebih besar peneliti asing daripada lokal yg bekerja sama :) yahhh,,,,
u know what i mean :)

Pohonku Sepi Sendiri

heh, apis indica.. spt nama si lebah madu dari taman aksara.. baru tau aku..

memang benar mino, indonesia sungguh sangat kaya.. bahkan sejak dulu sebelum penjajahan, indonesia punya sejarah kekayaan yg tdk diketahui oleh banyak orang.. hanya org2 tertentu & terpilih saja yg paham kisahnya.. dan aku percaya..

nice post mino.. :)

minomino

@pohon : betul skali! saya juga percaya :)
terkagum-kagum rasanya mengamati serangga-serangga itu, apa jadinya kalo g ada mereka...

thx ya pohon.... :)

Desi Eria R.

aku ko kenal ya foto2 serangganya
kaya pernah kesitu.
museum serangga bukan mba?

iya mba emang bener, Kita kurang sadar akan potensi negara kita.
contohnya aja di farmasi nih, kan banyak banget bahan alam yg potensial buat dijadiin obat tuh hehe

caca

halo minomino...gni caranya, kamu buka www.picasion.com trus copy paste htmlnya ke (tambah gadget) di bagian tata letak trus pilih java/html nah udah gtu kamu paste htmlnya di situ... kalo buat postingan kamu tinggal paste code htmlnya di posting baru trus pilih html sebelah compose... ^^ eh kamu di bandung ya??? lucu judul blognya ngalor ngidul...heheh

anindyarahadi

gak cuma teh mino aja aku juga kaget. ARRRHHHH!!! tertohok banget teh..

JLEB JLEB AWW!!!

eh iya gatau tuh padahal kemaren sempet muncul emotenya.. uhuhuhu entah kenapa dengan filehostingnyaa

RanggaGoBloG

saya setuju... kemana aja mereka yang sering demo itu...?? dulu aja sok cuek ama budaya sendiri.. giliran udah diklaim baru ikut2an demo2.... hufh....

anna fardiana

bagus sekali posting-an nya...
wah baru tahu nih...nice info...

insanitis37

Mungkin benar kali ya suatu istilah: rumpu tetangga senantiasa terlihat lebih hijau...kayanya sih para ilmuwan yg interest sama khasanah indonesia juga, mereka mekupakan negerinya, hehe
Satu-satu dong, hehe

minomino

@insanitis37: yap!bener juga...mungkin gitu kali yaaa...hihi,berimbang deh sama kita :)

mira

bener mino, kalo udah di klaim pihak lain baru deh ribut2. emang sesuatu itu baru kerasa berharga kalo udah kehilangan ya. oiya, yang diawetin di gambar paling bawah itu apa? lucu.. #halah

minomino

@mira: awetan bayi2 mamalia... :) dimasukin ke cairan FAA biar bisa dipelajari

harto

Negara kita yang kaya akan alam2nya n juga budaya2nya, kita jugalah yang patut untuk melestarikannya.

Satu tahun sudah berlalu dan entah berapa banyak dosa yang aku tumpuk atau entah berapa banyak pahala yang aku dapat.. tak bisa kuhitung-hitung karena hanya sang Khalik yang mengetahuinya, hanya ada satu do’a yang aku selalu panjatkan padaNya, “Ya Rabb, berilah hamba kesempatan dan bimbinganMu untuk bisa menjalani tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya dan berilah hamba tambahan usia yang barokah.. amien”

SELAMAT TAHUN BARU ISLAM 1 MUHARRAM 1431 H

Aditya's Blogsphere

Terkadang kemUliaan Allah bisa muncul dari hal-hal yang kecil seperti kumbang dan kupu-kupu itu........tanpa mereka nektar tak akan menjadi bahan penyerbukan yang mampu menghasilkan buah....serta kehidupan kurang bisa berjalan dengan harmonis..... :)

Newsoul

Artikel mantap Mino. Semangat terus ya.

Brokoli sehat

Hadooh itu yang ada tanduknya kok ngeriii. Tapi lucu ya! unik! seunik indonesia. Saya totally agree dengan postingan ini. Kita semua memang harus lebih sadar pada kekayaan sendiri. Sayangnya, yang ada adalah, seperti ayam mati di lumbung padi. Ya, memang kita perlu belajar ulang tentang makna nasionalisme yang harusnya bukan cuma retorika atau diwujudkan dengan berkoar-koar soal negara. It's mooore than that

Miracle Of Moslem

Makasih ya udah mampir ke shoutbox q....ga papa klo masuk spam....cukup seleksi salah satu emailnya n klik unspam.....abis itu email berikutnya kagak masuk spam....coba aja dulu...oh ya...aq komen dengan blog baru q......support ya...aq dah follow n masang link nya....jgn lupa linkback

Miracle Of Moslem

Hai-hai...kok lum di bales? oh ya verivikasi komentar nya di matiin dong?

Aditya's Blogsphere

klo ada verivikjasinya agak ribet mau komen dari hape....eh aq dah follow di blog q yang ini loh....

Tony nile life

Go iawn wyt tyn gwybob beth ydunw.
dos na nim lawer o pobol sy medry darllen Indoness.. wyt ty yn fedru darllen cymsaig.

minomino

@tony : wah,saya g ngerti....maaf...
would u try in english please?

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails